Bukit Sikendilkan Hadirkan Sunrise Diatas Awan Dan Berlatar Belakang Empat Gunung

Salah satu alasan orang suka mendaki gunung adalah ingin menikmati keindahan yang tersaji di puncak gunung. Jika masih baru pertama kali mencoba aktivitas pendakian maka Bukit Sikendil dapat menjadi tujuan yang pas.

Hal ini disebabkan oleh Bukit Sikendil atau juga dikenal dengan nama Gunung Sikendil ini tidaklah memiliki ketinggian yang cukup ekstrem. Ketinggian gunung ini hanya 1.800 meter diatas permukaan laun. Jarak tempuh unutk menuju ke puncak juga tidaklah begitu jauh.

Walaupun tidak begitu jauh, bukit ini bukan berarti tidak dapat menyajikan keindahan panorama alam dipuncaknya. Pemandangan yang cukup memukau dapat tetap dinikmati dari puncak gunung tersebut.

Bukit Sikendilkan Hadirkan Sunrise Diatas Awan Dan Berlatar Belakang Empat Gunung

Basecamp pendakian bukit ini melalui Sibajag berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Basecamp ini lebih dekat dengan Kota Wonosobo dengan jarak hanya 19 kilometer.

Salah satu pemandangan yang menjadi tujuan dari para pendaki adalah sunrise atau matahari terbit. Pemandangan sunrise merupakan salah satu yang dapat dinikmati oleh para pendaki bukit ini.

Hal ini disebabkan oleh sisi timur Bukit Sikendil ini merupakan bentang terbuka sehingga tidak ada objek apapun yang menghalangi pandangan sampai ke ufuk timur.

Pagi hari cerah tentunya menjadi saat yang dinantikan oleh para pendaki. Momen matahari terbit benar-benar dapat dinikmati dengan sangat jelas ketika matahari mulai naik untuk menyinari daratan dari cakrawala timur.

Sisi timur pun terlihat indah karena dihiasi oleh deretan gunung di Provinsi Jawa Tengah yang berbaris dari utara ke selatan. Gunung tersebut adalah Gunung Merapi yang dilanjutkan oleh Merbabu dan Gunung Telomoyo yang memiliki tinggi paling rendah.

Gunung Ungaran juga terlihat dari Bukit Sikendil ini. Lokasinya yang terpisah di sisi paling utara membuatnya seolah-olah menyendiri dari tiga gunung sebelumnya.

Bukit Sikendilkan Hadirkan Sunrise Diatas Awan Dan Berlatar Belakang Empat Gunung

Matahari terbit biasanya terlihat dintara Gunung Ungaran dan tiga gunung lainnya. Satu hal yang membuat suasana semakin memukau adalah semua itu terlihat seperti berada di atas lautan awan.

Biasanya pendaki gunung akan memilih untuk berkemah disekitar puncak supaya dapat menikmati keindahan sunrise pada pagi hari. Selain itu, ada juga pendaki yang memulai pendakian pada malam hari atau tengah malam sehingga ketika tiba dipuncak bertepatan dengan momen sunrise.

Kabar baiknya adalah dua cara tersebut dapat dilakukan untuk dapat menikmati momen sunrise di puncak Bukit Sikendil ini.

Untuk yang memilih mendaki pada tengah malam maka pendakian harus dimulai pada shalat subuh dari basecamp. Anda akan mencapai puncak pada pukul 05.00 WIB.

Jika ingin lebih bersantai, anda juga dapat berkemah pada hari sebelumnya. Terdapat tempat untuk mendirikan tenda yang ada dijalur antara Bukit Sikendil dengan Gunung Buthak. Untuk memastikan keselamatan, pendakian tidaklah dianjurkan dilakukan pada musim penghujan mengingat medan pendakian yang masih terdiri dari tanah gunung sehingga akan cukup licin ketika basah terkena air.

Post a Comment

0 Comments