Pantai Sorake Dapatkan Bantuan Dana Desa Untuk Membangun Wahana Bermain Anak-Anak

Pemanfaatan dana desa untuk mendukung pengembangan pariwisata terus didorong oleh pemerintah pusat dan daerah. Hal ini juga terjadi di Desa Botohili Sorake, Kecamatan Lagundri, Nias Selatan yang dimana dana desa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat digunakan untuk membangun wahana bermain bagi anak-anak di Pantai Sorake. Keberadaan wahana bermain ini dharapkan dapat mendongkrak pengunjung yang berkunjung ke Pantai Sorake.

Kepala Desa Botohili Pilipis Jagote menjelaskan bahwa penggunaan dana desa ini berasal dari hasil musywarah desa yang mengharapkan Pantai Sorake dapat dikunjungi lebih banyak pengunjung. Selain itu, minimnya ruang publik di pantai tersebut juga merupakan alasan mengapa adanya penambahan wahana bermain bagi anak-anak.

Pantai Sorake Dapatkan Bantuan Dana Desa Untuk Membangun Wahana Bermain Anak-Anak

"Dana desa diarahkan untuk mendukung pariwisata dengan salah satunya menyediakan ruang publik yang ada di pantai. Saat ini sedang persiapan pembangunan wahana permainan anak-anak yang anggaran berasal dari dana desa 2019. Wahana ini akan diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sorake sehingga perputaran ekonomi bisa lebih bergeliat," jelasnya ketika meninjau pembangunan dari wahana bermain anak ini.

Selain itu Kepala Desa Botohili juga mengisahkan sebelum gempa, air laut sampai bibir pantai akan tetapi setelah gempa, air laut sudah jarang mencapai bibir pantai dan menimbulkan bau yang tidak sedap serta menjadi sarang nyamuk. Selain itu juga menimbulkan karang berlumut karena jarang mendapatkan air laut.

"Dengan hadirnya pembangunan di pantai, sudah ada perubahan dan pengunjung yang datang telah cukup bervariasi. Setelah ada pembangunan jadi ada saung-saung toko yang dibangun untuk mengakomodasi masyarakat sekitar untuk berdagang," terangnya.

Wahana tersebut nantinya akan dikelola oleh BUMDes Sorake. BUMDes Sorake sendiri telah beroperasi selama 1 tahun terakhir. Selain BUMDes, terdapat unit usaha lain yang akan mendukung perekonomian masyarakat di Pantai Sorake.

Pada tahun 2018, penyertaan modal BUMDes sebesar Rp 45 juta digunakan untuk mempersiapkan desain besar usaha yang akan dikelola oleh BUMDes di Pantai Sorake.

"Nanti untuk wahana bermain, BUMDes akan menyediakan tempat untuk berjualan mainan anak-anak seperti mobil-mobilan. Yang penting adalah BUMDes dapat bergerak terlebih dahulu sehingga mereka bisa bawa anak-anak mereka," jelasnya.

Post a Comment

0 Comments