Yadnya Kasada Dapat Menjadi Bagian Mempromosikan Pariwisata Bromo

Wakil Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko mengatakan bahwa ritual Yadnya Kasada dapapt menjadi salah satu alat untuk mempromosikan potensi dari wisata Gunung Bromo yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Menurutnya Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal akan keindahan alamnya dan juga pesona matahari terbit.

"Pada momentum acara Yadnya Kasada ini, masyarakat Tengger yang mendiami area Gunung Bromo menanti kebersamaan untuk mempromosikan dan mengembangkan pariwisata Bromo serta melestarikan seni budaya ataupun adat dan tradisi masyarakat lokal," jelas Timbul Prihanjoko.

Dirinya berpendapat bahwa masyarakat Tengger yang ramah dan juga menjaga kesucian adat budaya merupakan salah satu faktor yang dapat menarik simpati wisatawan baik itu domestik ataupun mancanegara. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan terus memberikan dukungan berupa menyiapkan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat lokal di Gunung Bromo.

Yadnya Kasada Dapat Menjadi Bagian Mempromosikan Pariwisata Bromo

Sekretaris Daerah Jawa Timur Hery Cahyono yang hadir dalam acara Yadnya Kasada menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengusulakn supaya sarana prasarana yang berada di kawasan wisata Bromo Tengger Semeru ini dikembangkan lagi.

"Pembangunan kereta gantung di sejumlah lokasi di Bromo Tengger Semeru akan segera di realisasikan dan juga akan dilakukan perbaikan untuk sejumlah fasilitas di kawasan wisata ini ," jelasnya.

Oleh karena itu, Pemprov Jawa Timur akan terus berusaha memberikan kenyamanan serta memuaskan para wisatawan yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pada resepsi Yadnya Kasada tahun ini terdapat 7 orang yang diberikan gelar warga kehormatan dan sesepun Tengger. Pengukuhan ini dilakukan oleh Dukun Pandhita Sutomo sebelum dilakukan ritual Yadnya Kasada dan diikuti oleh larung sesaji ke kawah Gunung Bromo.

Ketujuh orang yang mendapatkan gelar warga kehormatan adalah Sekretaris Provinsi Jawa Timur Hery Cahyono, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sunarto, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Edwi Kurniyanto, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo Zulmi Noor Hasani.

Post a Comment

0 Comments