5 Destinasi Wisata Pegunungan Di Purwakarta

Purwakarta adalah kota yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Jakarta. Walaupun tidak sepopuler Bandung, kota ini memiliki cukup banyak destinasi yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung terutama bagi wisatawan yang tidak ingin bermacet-macetan dijalan dan berdesak-desakan ketika berkunjung ke destinasi wisata seperti Bandung.

Seperti Bandung, Purwakarta memiliki keunggulan pada wisata alam pegunungan yang dimilikinya. Setidaknya terdapat 5 gunung yang di Purwakarta yang menyediakan berbagai hiburan terutama hiburan pendakian. Berikut ini adalah 5 gunung di Purwakarta yang dapat anda kunjungi terutama jika anda adalah seseorang yang menyukai pendakian.

1. Gunung Lembu

5 Destinasi Wisata Pegunungan Di Purwakarta

Gunung Lembu merupakan pilihan yang tepat untuk anda yang ingin menikmati keindahan dari sunrise ataupun sunset. Trek yang dimiliki oleh gunung ini juga tergolong mudah dilalui sehingga cocok untuk pemula. Selain itu waktu pendakian juga cukup singkat karena hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam saja. Ketika mencapai puncak, pengunjung akan disuguhkan pemandangan dari waduk Jatiluhur dari ketinggian 780 meter diatas permukaan laut.

2. Gunung Parang

5 Destinasi Wisata Pegunungan Di Purwakarta

Gunung Parang merupakan gunung berikutnya yang dapat anda coba daki. Dengan ketinggian sekitar 930 mdpl, gunung ini sering dikunjungi oleh para penyuka olahraga adrenalin yaitu memanjat tebing. Gunung ini dikelilingi oleh batu andesit yang membuat tebing gunung ini sering dikunjungi oleh pemanjat tebing.

Kelebihan gunung ini sendiri telah dimaksimalkan dengan dibentuknya pihak pengelola. Pengunjung akan diberikan pilihan untuk mencoba tebing yang ingin dipanjat yaitu 250 meter, 300 meter dan 900 meter selain itu pengelola juga telah memasang berbagai fasilitas seperti tangga besi atau ferrata. Untuk mencoba panjat tebing di Gunung Parang ini, anda harus membayar antara 100 ribu hingga 300 ribu yang dimana sudah termasuk peralatan safety serta pemandu yang akan mendampingi.

3. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok memiliki ketinggian mencapai 985 mdpl dan banyak dijadikan destinasi pendakian selain Gunung Lembu dan cukup populer bagi para pendaki. Gunung Bongkok sendiri telah cukup dikenal memiliki rute pendakian yang cocok untuk pemula karena memiliki jalur yang cukup mudah dan mulus ditambah dengan jarak yang tidak begitu jauh yaitu hanya 1,5 jam menuju kepuncak.

4. Gunung Burangrang

Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Purwakarta karena memiliki ketinggian mencapai 2.050 mdpl. Sebelumnya, Gunung Burangrang adalah gunung berapi aktif yang kini telah mati. Gunung ini berada di antara perbatasan Bandung Barat dengan Purwakarta. Trek gunung ini cukup variatif yaitu terdiri dari hutang pinus dan semak belukar pada etape pertama yang berjarak sekitar 2 kilometer hingga trek menanjak yang membuat gunung ini kurang ramah untuk para pemula.

5 Destinasi Wisata Pegunungan Di Purwakarta

Gunung ini juga memiliki kekurangan yaitu area puncak gunung yang hanya dapat menampung 30 orang sehingga para pengunjung harus antri agar dapat mencapai puncak yang dikenal dengan nama Puncak Batu Tumpuk.

5. Gunung Haur

Gunung Haur merupakan gunung yang menawarkan permandangan dari Waduk Jatiluhur sekaligus alam perbukitan dan persawahan warga. Treking di gunung ini cukup sulit karena jalur yang terjal dan licin disertai dengan semak belukar.

5 Destinasi Wisata Pegunungan Di Purwakarta

Gunung Haur berada di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Walaupun baru diresmikan sebagai salah satu destinasi treking pada tahun 2017, gunung ini telah menarik cukup banyak wisatawan untuk mendaki.

Post a Comment

0 Comments