Tips Untuk Kembali Semangat Beraktivitas Setelah Liburan Panjang

Liburan merupakan sebuah hal yang baik dilakukan karena berdampak baik untuk tubuh dan pikiran. Akan tetapi, sedikit berbeda jika setelah liburan panjang, anda harus langusng kembali beraktivitas apalagi bekerja dan menekuni rutinitas sehari-hari yang menjenuhkan. Inilah hal utama yang dirasakan oleh banyak orang terutama kaum pekerja setelah liburan Lebaran 2019 yang tergolong panjang.

Istilah kehilangan semangat bekerja setelah liburan panjang sering dikenal dengan post vacation blues atau galau setelah liburan. Walaupun begitu, anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut karena terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kembali semangat kerja anda dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Tips Untuk Kembali Semangat Beraktivitas Setelah Liburan Panjang


1. Rencanakan Liburan Berikutnya

Mungkin terdengar tidak wajar akan tetapi merencanakna liburan berikutnya setelah pulang liburan nyatanya dapat mengembalikan semangan anda. Dalam dunia psikologis, teknik ini disebut dengan nama efek Zeigarnik. Efek Zeigarnik adalah keadaan dimana manusia cenderung mengingat tugas yang belum selesai dilakukan lebih jelas daripada tugas yang sudah selesai.

Dengan kata lain, merencanakan liburan berikutnya akan membebaskan beban pikiran anda sekaligus mendorong anda untuk lebih bersungguh-sungguh untuk membuat rencana liburan anda berikutnya menjadi kenyataan. Efek samping dari pikiran yang telah dialihkan ke target liburan berikutnya akan membuat anda lebih produktif beraktivitas.

2. Bersyukur

Ini merupakan hal yang banyak dilupakan oleh orang. Bersyukur dapat menjadi solusi bagi anda untuk mengatasi post vacation blues. Dengan bersyukur anda akan berterima kasih dan merasa beruntung karena telah diberikan waktu untuk menikmati liburan dengan keluarga. Tentunya jangan lupa menanamkan pemikiran bahwa tidak semua orang tidak dapat menikmati liburan yang seperti anda lakukan.

Sebuah kutipan dari Journal of Personality and Social Psychology menuliskan "Sebuah Kesadaran Yang Fokus Akan Rasa Bersyukur Akan Memiliki Manfaat Emosional Dan Intrapersonal."

3. Unggah Foto Liburan Ke Media Sosial

Penulis buku "The Anxious Traveler", Rita Anya Nara menyarankan bahwa waktu paling tepat untuk mengunggah foto liburan anda adalah ketika anda sudah pulang dari liburan bukan ketika anda masih menjalani liburan. Hal tersebut dikarenakan mengunggah foto ketika liburan terkadang akan menganggu momen liburan anda.

Tips Untuk Kembali Semangat Beraktivitas Setelah Liburan Panjang


Dengan mengunggah foto liburan anda setelah kembali ke rutinitas anda akan dapat mengurangi galau pasca liburan.

4. Makan Makanan Yang Sama Saat Liburan

Penelitian menunjukan bahwa rasa makanan dapat membawa seseorang untuk bernostalgia dengan masa kecilnya. Memakan makanan yang sama saat liburan akan memberikan memori kebahagiaan dan kegembiraan ketika berlibur.

5. Bersihkan Rumah

Membersihkan rumah ataupun lemari akan memberikan motivasi dan mengurangi stres anda. Tatalah ruangan anda kembali mulai tata letak yang sedikit diubah ataupun tata ulang barang supaya menjadi lebih rapi lagi. Perubahan tatanan ruangan atau rumah anda dapat memberikan perasaan segar untuk pikiran dan mental anda.

Post a Comment

0 Comments