Pemerintah DIY Galakkan Gunungkidul Sebagai Destinasi Wisata Minat Khusus Untuk Tarik Turis

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta terus menggalakan wisata minat khusus untuk menjadi salah satu pilihan para pengunjung. Pengembangan sektor kepariwisataan kedepannya dianggap sudah tidak lagi dapat bertumpu pada sektor mass tourism sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat atau paling tidak terjaga dengan adanya kunjunga tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dari Dinas Pariwisata DIY, Aria Nugrahadi menjelaskan bahkan pihaknya tetap berkomitmen unutk mengembangkan wisata minat khusus sehingga dapat meningkatkan sektor pariwisata di DIY.

Selama ini sektor pariwisata DIY masih berkutat pada hal yang sifatnya banyaknya kunjungan. Padahal terdapat banyak potensi yang dimiliki oleh DIY yang dimana dapat ditawarkan kepada para pengunjung melalui minat khusus ini.

Pemerintah DIY Galakkan Gunungkidul Sebagai Destinasi Wisata Minat Khusus Untuk Tarik Turis

Salah satu yang akan dikembangkan adalah pariwisata minat khusus di Gunungkidul. Gunungkidul menurut Aria merupakan salah satu destinasi wisata yang telah memiliki fasilitas yang cukup baik dari area perkemahan hingga keberadaan pasar.

"Luas alam konservasi tidaklah cukup untuk dibuka bagi wisata masal sehingga fokus dialihkan pada peningkatan nilai wisata dengan dengan jumlah wisatawan yang sedikit akan tetapi pertumbuhan ekonomi dapat dijaga," katanya di kasawan wisata Lembah Ngingrong, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari.

Upaya yang dilakukan adalah dengan menawarkan kepada wisatawan destinasi wisata yang termasuk dalam kategori minat khusus. Pengembangan ini akan mengedepankan pengalaman yang akan didapatkan oleh wisatawan ketika melakukan kunjungan ke destinasi wisata tersebut.

"Diharapkan dapat cukup menggerakan ekonomi masyarakat lokal dengan melalui kamping, kuliner dan berbagai hal yang disediakan di lokasi yang tentunya ramah lingkungan," lanjutnya.

Aria menjelaskan bahwa bentuk pengembangan destinasi wisata seperti ini telah dilakukan dengan menyelenggarakan Jogja Experience #2nd "Nomadic Adventure Camp" yang menawarkan pengalaman menjelajahi sekaligus menginap di destinasi wisata Gunungkidul terutama sekitar kawasan Geopark Gunungsewu.

Pemerintah DIY Galakkan Gunungkidul Sebagai Destinasi Wisata Minat Khusus Untuk Tarik Turis

"Kegiatan ini adalah kegiatan kedua setelah pada tahun lalu fokus pada kawasan wisata Kulonprogo. Rencananya acara-acara ini akan terus dikembangkan untuk dapat meningkatkan sektor pariwisata di DIY terutama pada hal nilai wisata tersebut," jelasnya.

Ketua Pelaksana Jogja Experience #2nd "Nomadic Adventure Camp" Samuel Budi W menjelaskan bahwa acara ini akan diselenggarakan di kawasan Geopark Gunungsewu.

Sejauh ini sudah ada 150 peserta yang berasal dari komunitas kendaraan Land Rover yang menyatakan kesediaannya unutk mengikuti kegiatan ini. TItik awal akan dimulai dari Watu Mabur di Bantul kemudian memasuki kawasan Gunungkidul mulai dari Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung Sriten, Lembah Ngingrong hinga berakhir di Pantai jungwok.

"Selain melakukan ekspedisi wisata, para peserta akan diajak untuk menginap sekaligus menikmati makanan dan minuman khas Gunungkidul," kata Samue.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi ajang promosi untuk destinasi yang berada di Kabupaten Gunungkidul terutama untuk wisata minat khusus. Dengan adanya kunjungan dari berbagai wilayah dan berbagai elemen masyarakat di sekitar DIY diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

Post a Comment

0 Comments