Gunung Kembar Di Jawa Tengah Ini Menawarkan Lautan Awan Di Puncaknya

Bagi ada penyuka outdoor tentunya pernah berkunjung atau paling tidan mendengar dua gunung kembar di Jawa Tengah. Dua gunung yang dimaksud adalah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kedua gunung tersebut merupakan salah satu pilihan utama bagi wisatawan ketika mencari destinasi mendaki di Jawa Tengah.

Sindoro dan Sumbing terletak diwilayah Temanggung dan Wonosobo. Disebut kembar karena lereng kedua gunung tersebut hanya dipisahkan oleh jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Parakan dan Wonosobo. Jika anda melewati jalan raya ini pada hari yang cerah maka akan akan melihat dengan jelas puncak kedua gunung tersebut beserta lereng gunungnya.

Gunung Kembar Di Jawa Tengah Ini Menawarkan Lautan Awan Di Puncaknya

Kedua gunung memiliki ketinggian yang tidak berbeda jauh yaitu Sindoro dengan ketinggian 3.155 meter dan Sumbing 3.340 meter. Hal ini membuat kedua gunung tersebut terlihat sama jika dilihat dari kejauhan. Walaupun sama-sama dijadikan destinasi pendakian akan tetapi kedua gunung tersebut memiliki tradisi yang berbeda mengingat masyarakat yang tinggal disekitaran gunung tersebut memiliki tradisi yang berbeda.

Pendakian Gunugn Sumbing biasanya akan dilakukan pada malam 21 bulan Ramadhan atau disebut dengan malam Selikuran. Selain mendaki gunung, sebagian pengunjung juga melakukan wisata religi dengan mengunjungi makam Ki Ageng Makukuhan yang berada di puncak Gunung Sumbing. Ketika mendaki Gunung Sumbing, anda akan menemukan hamparan perkebungan warga di kiri dan kanan sisi jalan menuju puncak Gunung Sumbing.

Berbeda dengan Sumbing, pendakian Gunung Sindoro dilakukan berdasarkan motif ingin menikmati keindahan alam di Sindoro. Selain itu, Sindoro juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa seperti Telaga Ajaib dan taman bunga edelweiss yang tumbuh subur di Gunung Sindoro.

Gunung Kembar Di Jawa Tengah Ini Menawarkan Lautan Awan Di Puncaknya

Kedua gunung ini memiliki keindahan yang hampir sama. Di puncak keduanya, pengunjung dapat melihat lautan awan yang membuat suasana seperti sedang berada di Negeri Awan.

"Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing memiliki banyak cerita mitos dan berbau mistik. Cerita-cerita inilah yang membuat banyak pengunjung berkunjung ke kedua gunung ini. Selain itu Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. sehingga tidaklah heran jika banyak yang berkunjung ke kedua gunung ini," tulis akun referensi destinasi wisata di Indonesia, Pesonaid_travel di akun Instagram @pesonaid_travel.

Post a Comment

0 Comments